Langsung ke konten utama

Potensi Pemanfaatan Senyawa Flavonoid Untuk Mahluk Hidup

Potensi Pemanfaatan Senyawa Flavonoid Untuk Mahluk Hidup

Sebelumnya kita telah membahas mengenai Keragaman Dan Keunikan Struktur Flavonoid, dan pada kali ini kita akan membahas mengenai potensi pemanfaatannya untuk mahluk hidup. Flavonoid adalah kelompok penting polifenol. Senyawa Flavonoid pada umumnya terdapat dalam tanaman dan merupakan pigmen pada tanaman tingkat tinggi. Senyawa Flavonoid terdapat pada seluruh bagian tanaman, termasuk pada buah, tepung sari dan akar. Tumbuhan yang mengandung Flavonoid banyak dipakai dalam pengobatan tradisional karena Flavonoid mempunyai berbagai macam aktivitas terhadap macam-macam organisme seperti anti fungi, diuretic, antihistamin, antihipertensi, insektisida, bakterisida, antivirus dan menghambat kerja enzim.
Berikut beberapa tanaman yang mengandung senyawa Flavonoid :

1.      Buah Duwet
Dalam kulit buah duwet terkandung salah satu kelompok polifenol yang menunjukkan kemampuan sebagai senyawa antioksidan yaitu senyawa Flavonoid jenis Antosianin. Buah ini memiliki beberapa khasiat diantaranya mengatasi sembelit, menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan mata, mengatasi batuk, menurunkan kadar gula dalam darah, mengobati sakit kepala, meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.
2.      Daun Salam
Seperti yang kita ketahui bersama, daun salam banyak digunakan sebagai rempah-rempah oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain sebagai penyedap rasa, daun salam juga banyak memiliki khasiat untuk Tubuh. Hal ini dikarenakan dalam daun salam terkandung Senyawa Flavonoid jenis Proantosianin yang juga memiliki sifat antioksidan karena dapat meningkatkan system imun, meningkatkan permeabilitas pembuluh darah, mencegah oksidasi LDL dan juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker.
3.      Buah Apel
Buah Apel yang sering kita konsumsi ternyata memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah serangan jantung, mencegah katarak, mengendalikan asma dan mempercepat penyembuhan kenaikan asam lambung. Hal tersebut dikarenakan dalam buah apel terkandung Senyawa Flavonoid yang bernama quercetin.




Permasalahan :
1.      Senyawa Flavonoid merupakan senyawa yang paling banyak terdapat pada tumbuhan. Bagaimana cara anda untuk menentukan keberadaan Senyawa Flavonoid dan mengembangkannya sehingga berpotensi untuk mahluk hidup?
2.      Senyawa Flavonoid jenis antosianin dan proantosianin memiliki sifat antioksidan tinggi sehingga berpotensi bagi mahluk hidup. Hal apa yang menyebabkan antosianin dan proantosianin memiliki sifat antioksidan?
3.      Dari berbagai jenis senyawa bahan alam yang ditemukan, mengapa senyawa Flavonoid yang sebagian besar digunakan untuk obat-obatan?


Komentar

  1. 3. Karena senyawa flavonoid ini banyak antiinflamasi, antikanker, antioksidan, dan lain-lain yang membuatnya dapat digunakan sebagai obat-obatan.

    BalasHapus
  2. (A1C117074)
    1. Senyawa flavonoid ini umumnya itu tersebar dalam tumbuh²an. Flavonoid juga tersebar dl tumbuhan yang berwarna seperti merah, ungu, biru atau kuning, dll.
    Salah satu contoh cara pengembangannya menurut saya adalah menfermentasi kacang kedelai untuk membuat tempe. Tempe ini dinilai sangat baik untuk tubuh manusia.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. 2. Menurut saya kedua senyawa flavonoid itu bersifat antioksidan dikarenakan didalam senyawa tersebut terkandung suatu pigmen yang dapat meningkatkan kesehantan makhluk hidup. Pigmen tersebutlah yang dikatakan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

    BalasHapus
  5. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biosintesis Metabolit Primer Dan Sekunder

Biosintesis Metabolit Primer Dan Sekunder Suatu mahluk hidup pasti mengalami proses yang dinamakan metabolisme. Proses pembentukan metabolit (produk metabolisme) dari molekul sederhana menjadi molekul yang lebih kompleks dinamakan Biosintesis. Metabolisme ini dibagi menjadi dua yakni metabolisme primer dan metabolisme sekunder.   Metabolisme primer ialah suatu proses yang esensial bagi kehidupan tumbuhan seperti Respirasi dan Fotosintesis. Sedangakan metabolisme sekunder ialah suatu proses yang tidak esensial bagi tumbuhan. Biosintesis metabolit primer : 1.       Biosintesis karbohidrat 2.       Biosintesis lipid 3.       Biosintesis asam amino dan protein Biosintesis metabolit sekunder : 1.       Jalur asam asetat 2.       Jalur asam sikimat 3.       Jalur asam mevalonat Metabolit sekunder yang terdapat pada bahan alam merupakan hasil metabolit primer yang mengalami reaksi yang spesifik sehingga menghasilkan senyawa senyawa tertentu. Metabolit sekunder iala

Keragaman Dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid

Keragaman Dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid            Pada kali ini pokok bahasan kita adalah Flavonoid. Flavonoid adalah senyawa Fenol yang terdiri dari C6-C3-C6 yang umunya ditemukan pada tumbuhan dalam bentuk Glikosida. Flavonoid termasuk metabolit sekunder yang disintesis dari asam piruvat melalui metabolisme asam amino. Karena Flavonoid merupakan golongan Fenol terbesar maka jika direaksikan dengan basa ataupun ammonia akan mengalami perubahan warna.            Struktur kimia Flavonoid didasarkan pada kerangka C15 terdiri atas 2 cincin benzene yang dihubungkan dengan rantai 3 karbon. Flavonoid merupakan senyawa yang bersifat polar karena tidak memiliki gugus hidroksil yang tersubstitusi oleh karena itu pelarut yang digunakan untuk mengekstraksi Flavonoid juga merupakan senyawa polar seperti methanol, etanol, aseton dan air. Terdapat sekitar 10 jenis Flavonoid yaitu : 1.       Antosianin Merupakan anggota polifenol yang dapat melakukan mekanisme penang

Potensi Pemanfaatan Terpenoid Untuk Mahluk Hidup

Potensi Pemanfaatan Terpenoid Untuk Mahluk Hidup             Sebelumnya kita telah mebahas mengenai Keragaman Dan Keunikan Struktur Terpenoid, dan pada kali ini kita akan membahas mengenai potensi pemanfaatannya untuk mahluk hidup. Seperti yang telah kita ketahiu bersama bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya akan keanekaragaman hayati dengan kandungan kimia khasiat didalamnya. Oleh sebab itu banyak tumbuh-tumbuhan di Indonesia ini yang dijadikan sebagai bahan dari obat-obatan. Senyawa kimia pada umbuhan yang akan kita bahas adalah senyawa Terpenoid. Terpenoid terdiri atas beberapa macam senyawa seperti Monoterpen dan seskuiterpen yang mudah menguap, Diterpen yang sukar menguap, Triterpen dan sterol yang tidak menguap. 1.       Tanaman Minyak Kayu Putih Dalam tanaman ini terkandung senyawa Sineol yang merupakan salah satu senyawa monoterpen. Tanaman minyak kayu putih memiliki khasiatnya sudah banyak dkenal diindonesia. Minyak kayu putih ini banyak digunak