Langsung ke konten utama

Biosintesis Metabolit Primer Dan Sekunder


Biosintesis Metabolit Primer Dan Sekunder

Suatu mahluk hidup pasti mengalami proses yang dinamakan metabolisme. Proses pembentukan metabolit (produk metabolisme) dari molekul sederhana menjadi molekul yang lebih kompleks dinamakan Biosintesis. Metabolisme ini dibagi menjadi dua yakni metabolisme primer dan metabolisme sekunder.  Metabolisme primer ialah suatu proses yang esensial bagi kehidupan tumbuhan seperti Respirasi dan Fotosintesis. Sedangakan metabolisme sekunder ialah suatu proses yang tidak esensial bagi tumbuhan.
Biosintesis metabolit primer :
1.      Biosintesis karbohidrat
2.      Biosintesis lipid
3.      Biosintesis asam amino dan protein
Biosintesis metabolit sekunder :
1.      Jalur asam asetat
2.      Jalur asam sikimat
3.      Jalur asam mevalonat
Metabolit sekunder yang terdapat pada bahan alam merupakan hasil metabolit primer yang mengalami reaksi yang spesifik sehingga menghasilkan senyawa senyawa tertentu.
Metabolit sekunder ialah produk atau hasil metabolisme suatu tanaman yang tidak memanfaatkan sumber energinya secara langsung. Metabolit sekunder tanaman dihasilkan melalui reaksi metabolisme sekunder dari bahan organic primer (karbohidrat, protein dan lemak).

Bagan hubungan biosintesis metabolit primer menjadi metabolit sekunder
 
            Metabolit sekunder disebut juga fitoaleksin. Fotialeksin berasal dari biosintesis metabolit primer yaitu seperti 6-methoxymellein dan sesquiterpens serta derivate dari asam melonat dan asam mevalonat. Fitoaleksin dapat terjadi dari dua jalur yaitu jalur asam melavonat dan jalur biosintesa deoksiselulosa difosfat. Biosintesis fitoaleksin menggunakan precursor yang berasal dari jalur metabolit sekunder.

Permasalahan :
1.      Apa yang akan terjadi jika metabolit sekunder tidak ada dalam suatu tumbuhan ?
2.      Jelaskan dengan singkat biosintesis metabolit primer pada lipid ?
3.      Jelaskan dengan singkat jalur asam mevalonat dalam pembentukan metabolit sekunder ?

Komentar

  1. Hai neng early.
    Nama saya Alfu Laila Ariyanti
    Nim: A1C117022
    Klas: Reguler B
    Disini saya akan mencoba menjawab permasalahan neng early no 1.
    Dimana jika metabolit sekunder tidak ada dalam tumbuhan maka tumbuhan tersebut akan kekurangan ketahanan hidup. misalnya terkena serangan dari herbivor dan hama, selain itu juga tidak tahan akan penyakit bahkan metabolit sekunder tidak memberikan efek sama sekali bagi tumbuhan tersebut.
    Terimakasih, semoga membantu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Saya Indah dengan nim RSA1C117005
    Saya akan mencoba menyelesaikan permasalahan anda no.3
    Menurut saya jalur asam mevalonat ini menggunakan terpenoid. Dimana terpenoid adalah salah satu bentuk senyawa yang memiliki beragam struktur besar dalam produk alami turunan isoprene yang berikatan dalam model kepala ekor, sedangkan isoprene itu sendiri diturunkan dari metabolisme asam asetat dengan jalur asam mevalonat.
    Semoga membantu
    Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Haii neng, saya yuyun ernawati dengan NIM A1C117063 akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 2.
    Menurut saya, bisontesis asam lemak berjalan dengan sederet reaksi melibatkan komplek asam plus ATP, NADPH, Mn dan CO2.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman Dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid

Keragaman Dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid            Pada kali ini pokok bahasan kita adalah Flavonoid. Flavonoid adalah senyawa Fenol yang terdiri dari C6-C3-C6 yang umunya ditemukan pada tumbuhan dalam bentuk Glikosida. Flavonoid termasuk metabolit sekunder yang disintesis dari asam piruvat melalui metabolisme asam amino. Karena Flavonoid merupakan golongan Fenol terbesar maka jika direaksikan dengan basa ataupun ammonia akan mengalami perubahan warna.            Struktur kimia Flavonoid didasarkan pada kerangka C15 terdiri atas 2 cincin benzene yang dihubungkan dengan rantai 3 karbon. Flavonoid merupakan senyawa yang bersifat polar karena tidak memiliki gugus hidroksil yang tersubstitusi oleh karena itu pelarut yang digunakan untuk mengekstraksi Flavonoid juga merupakan senyawa polar seperti methanol, etanol, aseton dan air. Terdapat sekitar 10 jenis Flavonoid yaitu : 1.       Antosianin Merupakan anggota polifenol yang dapat melakukan mekanisme penang

Potensi pemanfaatan steroid untuk mahluk hidup

Sebelumnya kita telah membahas keragaman dan keunikan struktur dari senyawa steroid.  Yang mana steroid ini terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincik siklo Heksana dan satu cincin siklo pentana. Steroid terdapat dialam dalam jumlah yangvterbatas dan memiliki aktivitas biologis untuk mahluk hidup.  Steroid dapat ditemukan pada hewan, Tanaman tingkat tinggi bahkan pada tanaman tingkat rendah seperti jamur. Pada umunya senyawa steroid ini memiliki beberapa manfaat,  diantaranya : 1. Memperbesar otot 2. Memperkuat otot dan tenaga 3. Memperbaiki otot yang terluka 4. Memadatkan tulang 5. Mengurangi lemak dalam tubuh Turunan steroid 1. Kolesterol Kolesterol sayang dibutuhkan oleh tubuh ketika jumlahnya sesuai.  Umumnya kolesterol ini sebagai prekursor hormon, seerti estrogen dan  tertosteron,  kemudian kolesterol ini juga dapat menjaga cairan sel membran serta berkontribusi dalam pembentukan asam empedu untuk mencerna lemak. 2. Ergosterol Pada umumnya ergoste