Langsung ke konten utama

Etnobotani dan Keanekaragaman Senyawa Bahan Alam pada Tumbuhan


Etnobotani dan Keanekaragaman Senyawa Bahan Alam pada Tumbuhan
           
Pada kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai Etnobotani dan Keanekaragaman Senyawa Bahan Alam pada Tumbuhan. Etnobotani merupakan ilmu yang mengkaji tentang hubungan antara manusia dengan tumbuhan disekitarnya.
Tanpa kita sadari disekeliling kita banyak sekali tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya yaitu Lidah Buaya (Aloe Vera).

            Seperti yang kita ketahui bersama, Aloe vera merupakan jenis tumbuhan yang tidak asing lagi kegunaannya yaitu sebagai penyubur rambut, perawatan kulit/wajah dan penyembuh luka. Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Disamping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
Kandungan zat gizi lidah buaya per 100 gram dapat dilihat pada tabel berikut.
Pada umumnya kaum wanita menggunakan lidah buaya untuk merawat dan memperindah rambutnya. Pada lidah buaya terkandung enzim proteolitik yang memperbaiki sel sel rusak sehingga meningkatkan kesehatan folikel rambut. Sifat anti inflamasi pada lidah buaya memberikan efek dingin dan relaksasi dikulit begitu pula dengan sifat anti jamur yang mencegah dan mengatasi ketombe dikulit kepala.
Cara pemakaian lidah buaya untuk rambut :
1.      Pilihlah daun lidah buaya kemudian dipotong
2.      Kupas lalu ambil gel pada daun lidah buaya dengan sendok
3.      Tambahkan minyak zaitun/kelapa pada gel
4.      Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala
5.      Biarkan hingga 15-20 menit
Selain digunakan dalam perawatan rambut, Aloe vera juga sangat dikenal dalam hal perawatan wajah. Akhir-akhir ini banyak wanita yang menggunakan produk Aloe vera tersebut untuk merawat wajah mereka.
Berikut produk Aloe Vera :



          
  

Permasalahan
1.      Senyawa apa yang terkandung pada lidah buaya sehingga dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes?
2.      Mengapa akhir-akhir ini banyak wanita yang menggunakan  Aloe vera sebagai face wash maupun serum? Apa manfaatnya?
3.      Apakah Aloe Vera bisa diolah menjadi minuman/makanan? Mengapa demikian?

Komentar

  1. Hai neng early
    perkenalkan saya Vinni Sridayanti Nim A1C117030, saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2, menurut saya alasan kenapa wanita lebih tertarik menggunakan aloe vera sebagai face wash yaitu aloe vera dapat membuat kulit terasa lembut dan glowing, hormon auxin dan gibberellins yang terkandung didalam aloe vera juga dapat menyembuhkan luka serta mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan pada kulit pada kulit berjerawat. Hormon Gibberellins juga bermanfaat sebagai hormon pertumbuhan yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.
    terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  2. Saya Rd. Abdurrahman (A1C117015) akan mencoba menjawab no.1 karena lidah buaya mengandung senyawa mukopolisakarida acemannanserta fitosterol dan senyawa glucommanan yang membantu menurunkan kadar gula dalam darahseseorang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya melisa oktapiani NIM (043) akan menjawab pertanyaan no 3. Lidah buaya bisa di oleh menjadi makanan dan juga minuman karen memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Setiap 100 gram lidah buaya memiliki kandungan vitamin B1 (0,01 mg), zat besi (0,8 mg), fosfor (186 miligram), kalsium (85 mg), karbohidrat (0,4 gram), lemak (0,2 gram), protein (0,1 gram).
    Biasanya lidah buaya diolah menjadi berbagai macam olahan seperti es lidah buaya, wedang jahe aloe, manisan lidah buaya, dan keripik lidah buaya. Namun dalam harus diperhatikan dengan benar cara pengolahan karena jika salah cara mengolahnya rasanya akan menjadi tidak enak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biosintesis Metabolit Primer Dan Sekunder

Biosintesis Metabolit Primer Dan Sekunder Suatu mahluk hidup pasti mengalami proses yang dinamakan metabolisme. Proses pembentukan metabolit (produk metabolisme) dari molekul sederhana menjadi molekul yang lebih kompleks dinamakan Biosintesis. Metabolisme ini dibagi menjadi dua yakni metabolisme primer dan metabolisme sekunder.   Metabolisme primer ialah suatu proses yang esensial bagi kehidupan tumbuhan seperti Respirasi dan Fotosintesis. Sedangakan metabolisme sekunder ialah suatu proses yang tidak esensial bagi tumbuhan. Biosintesis metabolit primer : 1.       Biosintesis karbohidrat 2.       Biosintesis lipid 3.       Biosintesis asam amino dan protein Biosintesis metabolit sekunder : 1.       Jalur asam asetat 2.       Jalur asam sikimat 3.       Jalur asam mevalonat Metabolit sekunder yang terdapat pada bahan alam merupakan hasil metabolit primer yang mengalami reaksi yang spesifik sehingga menghasilkan senyawa senyawa tertentu. Metabolit sekunder iala

Keragaman Dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid

Keragaman Dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid            Pada kali ini pokok bahasan kita adalah Flavonoid. Flavonoid adalah senyawa Fenol yang terdiri dari C6-C3-C6 yang umunya ditemukan pada tumbuhan dalam bentuk Glikosida. Flavonoid termasuk metabolit sekunder yang disintesis dari asam piruvat melalui metabolisme asam amino. Karena Flavonoid merupakan golongan Fenol terbesar maka jika direaksikan dengan basa ataupun ammonia akan mengalami perubahan warna.            Struktur kimia Flavonoid didasarkan pada kerangka C15 terdiri atas 2 cincin benzene yang dihubungkan dengan rantai 3 karbon. Flavonoid merupakan senyawa yang bersifat polar karena tidak memiliki gugus hidroksil yang tersubstitusi oleh karena itu pelarut yang digunakan untuk mengekstraksi Flavonoid juga merupakan senyawa polar seperti methanol, etanol, aseton dan air. Terdapat sekitar 10 jenis Flavonoid yaitu : 1.       Antosianin Merupakan anggota polifenol yang dapat melakukan mekanisme penang

Potensi pemanfaatan steroid untuk mahluk hidup

Sebelumnya kita telah membahas keragaman dan keunikan struktur dari senyawa steroid.  Yang mana steroid ini terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincik siklo Heksana dan satu cincin siklo pentana. Steroid terdapat dialam dalam jumlah yangvterbatas dan memiliki aktivitas biologis untuk mahluk hidup.  Steroid dapat ditemukan pada hewan, Tanaman tingkat tinggi bahkan pada tanaman tingkat rendah seperti jamur. Pada umunya senyawa steroid ini memiliki beberapa manfaat,  diantaranya : 1. Memperbesar otot 2. Memperkuat otot dan tenaga 3. Memperbaiki otot yang terluka 4. Memadatkan tulang 5. Mengurangi lemak dalam tubuh Turunan steroid 1. Kolesterol Kolesterol sayang dibutuhkan oleh tubuh ketika jumlahnya sesuai.  Umumnya kolesterol ini sebagai prekursor hormon, seerti estrogen dan  tertosteron,  kemudian kolesterol ini juga dapat menjaga cairan sel membran serta berkontribusi dalam pembentukan asam empedu untuk mencerna lemak. 2. Ergosterol Pada umumnya ergoste